Setiap
anggota tubuh diciptakan untuk suatu fungsi tertentu. Maka ia disebut sedang
dalam keadaan sakit apabila
tak lagi memiliki kemampuan untuk melaksanakan fungsinya itu, baik secara
keseluruhan ataupun sebagiannya saja.
Penyakit
tangan menyebabkan tangan tak mampu melaksanakan fungsinya, yaitu memegang.
Sedangkan penyakit mata menyebabkan mata tak mampu melaksanakan fungsinya,
yaitu melihat.
Demikian
pula penyakit hati, menyebabkan hati tak mampu melakukan fungsinya yang khas,
yang memang itu diciptakan untuknya. Yaitu, pengetahuan, hikmah, ma’rifah,
cinta kepada Allah, beribadah untuk dan kepada-Nya, merasakan kenikmatan
apabila menyebut atau mengingat-Nya, mengutamakan-Nya di atas segala keinginan
selain-Nya, serta mengerahkan semua dorongan jiwa dan anggota tubuh demi
melaksanakan
semua itu. Firman Allah SWT :
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ
وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ
“dan aku tidak menciptakan jin dan manusia
melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (Adz-Dzariat: 56)
Penyakit Hati dan Cara Mengobatinya
Hati yang dalam bahasa Arab berarti Qalbun adalah bagian yang sangat penting pada manusia. Jika hati kita baik, maka baik pula seluruh amal kita:
Rasulullah
saw. bersabda, “….Bahwa dalam diri setiap manusia terdapat segumpal daging,
apabila ia baik maka baik pula seluruh amalnya, dan apabila ia itu rusak maka
rusak pula seluruh perbuatannya. Gumpalan daging itu adalah hati.” (HR Imam
Al-Bukhari)
Sebaliknya,
orang yang dalam hatinya ada penyakit, sulit menerima kebenaran dan akan mati
dalam keadaan kafir.
وَأَمَّا الَّذِينَ فِي
قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا إِلَى رِجْسِهِمْ وَمَاتُوا وَهُمْ
كَافِرُونَ
“Orang-orang
yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah
kekafiran mereka, disamping kekafirannya yang telah ada dan mereka mati dalam
keadaan kafir.” [At Taubah 125]
Oleh
karena itu penyakit hati jauh lebih berbahaya daripada penyakit fisik, maka kita
perlu mengenal beberapa penyakit hati yang berbahaya serta bagaimana cara
menyembuhkannya.
1.
Sombong
Sering
orang karena jabatan, kekayaan, atau pun kepintaran akhirnya menjadi sombong
dan menganggap rendah orang lain. Bahkan Fir’aun yang takabbur sampai-sampai
menganggap rendah Allah dan menganggap dirinya sebagai Tuhan. Kenyataannya
Fir’aun adalah manusia yang akhirnya bisa mati karena tenggelam di laut.Allah
melarang kita untuk menjadi sombong:
وَلا تَمْشِ فِي الأرْضِ
مَرَحًا إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الأرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولا
“Janganlah
kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu
sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai
setinggi gunung.” [Al Israa’ 37]
Ÿوَلا تُصَعِّرْ خَدَّكَ
لِلنَّاسِ وَلا تَمْشِ فِي الأرْضِ مَرَحًا إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ كُلَّ
مُخْتَالٍ فَخُورٍ
“Janganlah
kamu memalingkan mukamu dari manusia karena sombong dan janganlah kamu berjalan
di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang
sombong lagi membanggakan diri.” [Luqman 18]
Allah
menyediakan neraka jahannam bagi orang yang sombong:
ادْخُلُوا أَبْوَابَ
جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا فَبِئْسَ مَثْوَى الْمُتَكَبِّرِينَ
“Masuklah
kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah
seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong .” [Al Mu’min 76]
Kita
tidak boleh sombong karena saat kita lahir kita tidak punya kekuasaan apa-apa.
Kita tidak punya kekayaan apa-apa. Bahkan pakaian pun tidak. Kecerdasan pun
kita tidak punya. Namun karena kasih-sayang orang tua-lah kita akhirnya jadi
dewasa. Begitu pula saat kita mati, segala jabatan dan kekayaan kita lepas dari
kita. Kita dikubur dalam lubang yang sempit dengan pakaian seadanya yang nanti
akan lapuk dimakan zaman.
Imam
Al Ghazali dalam kitab Ihya’ ‘Ulumuddin menyatakan bahwa manusia janganlah
sombong karena sesungguhnya manusia diciptakan dari air mani yang hina dan dari
tempat yang sama dengan tempat keluarnya kotoran.
Bukankah
Allah mengatakan pada kita bahwa kita diciptakan dari air mani yang hina.
“Bukankah
Kami menciptakan kamu dari air yang hina?” [Al Mursalaat 20]
Saat
hidup pun kita membawa beberapa kilogram kotoran di badan kita. Jadi bagaimana
mungkin kita masih bersikap sombong?
2. Dusta
Adapun Al-Kadzib (kebohongan), maka perbuatan ini akan
mengantarkan pada kejahatan, yaitu berpalingnya dari sifat istiqamah. Ada juga
yang mengatakan bahwa kebohongan adalah kemaksiatan yang paling cepat menyebar.
Tentang tercelanya membicarakan segala sesuatu yang ia dengar, Rasulullah
bersabda, “Cukuplah seseorang dianggap pendusta jika ia selalu membicarakan
segala sesuatu yang ia dengar”. (HR. Muslim 1/10)
Abdullah bin ‘Amr berkata, “Rasulullah
pernah datang ke rumah kami, waktu itu aku masih kecil, akupun keluar utk
bermain. Ibuku kemudian memanggil, “Ya Abdullah kemari, nanti akan ibu beri
sesuatu”. Maka Rasulullah bertanya: “Apa yang akan kamu berikan?” Dia
mejawab, “Saya akan memberi kurma”. Rasulullah kemudian bersabda,
“Seandainya engkau tak melakukan (apa yang engkau katakan), berarti telah
dicatat atasmu satu kedustaan.” (HR. Abu Daud no. 4991)
Nabi bersabda, “Seseorang yang senantiasa &
terbiasa dgn dusta akan dicatat di sisi Allah ta’ala sebagai pendusta.”
(HR. Bukhari 10/423, Muslim no. 2606).
Faktor
pendorong berbuat dusta :
Motif yang mendorong orang-orang yang memiliki jiwa nista untuk
melakukan kedustaan cukup banyak, diantaranya adalah :
1. Sedikitnya
rasa takut kepada Allah Ta’ala dan tidak adanya perasaan bahwa Allah Ta’ala
selalu mengawasi setiap gerak-geriknya, baik yang kecil maupun yang besar.
2. Upaya
mengaburkan fakta, baik bertujuan utk mendapatkan keuntungan atau mengurangi
takaran, dgn maksud menyombongkan diri atau utk memperoleh keuntungan dunia,
ataupun karena motif-motif lainnya. Misalnya saja: orang yang berdusta tentang
harga beli tanah atau mobil, atau menyamarkan data-data yang tidak akurat
tentang wanita yang akan dipinang yang dilakukan pihak keluarganya.
3. Mencari
perhatian dgn membawakan cerita-cerita fiktif dan perkara-perkara yang dusta.
4. Tidak
adanya rasa tanggung jawab dan berusaha lari dari kenyataan, baik dlm kondisi
sulit ataupun kondisi lainnya.
5. Terbiasa
melakukan dusta sejak kecil. Ini merupakan hasil pendidikan yang buruk.
Karena, sejak tumbuh kuku-kukunya (sejak kecil), sang anak biasa melihat ayah
dan ibundanya berdusta, sehingga ia tumbuh dan berkembang dlm lingkungan sosial
semacam itu.
6. Merasa
bangga dgn berdusta, ia beranggapan bahwa kedustaan menandakan kepiawaian,
tingginya daya nalar, dan perilaku yang baik.
3.
‘Ujub (kagum akan diri sendiri)
Ini
mirip dengan sombong. Kita merasa bangga atau kagum akan diri kita sendiri.
Padahal seharusnya kita tahu bahwa semua nikmat yang kita dapat itu berasal
dari Allah. Jika kita mendapat keberhasilan atau pujian dari orang, janganlah
‘ujub. Sebaliknya ucapkan “Alhamdulillah” karena segala puji itu hanya
untuk Allah.
Berhati-hatilah
dengan penyakit ujub, sebab jika sudah menjangkit kedalam hati hanya akan
menimbulkan keburukan. Ujub merusak dan menghancurkan amal kebaikan. Rasulullah
SAW bersabda:
ثَلاَثٌ
مُهلِكَاتٌ شُحٌّ مُطَاعٌ وَهَوَيً مُتَّبَعٌ وَاِعْجَابُ المَوءِ بِنَفْسِهِ
Artinya : Tiga perkara yang dapat menghancurkan, yaitu
: kebakhilan yang ditaati, hawa nafsu yang dituruti dan ujub seseorang terhadap
dirinya.
Mula-mula
ujub itu hanya berada di dalam hati, yakni mengganggap dirinya paling mulia,
paling segala-galanya dan paling sempurna dibandingkan orang lain. Karena
dengan anggapan yang demikian itu maka hatinya merasa puas dan bangga atas apa
yang dirasa. Kemudian berkembang menjadi sebuah perkataan yang menggungkapkan
tentang pandangan manusia kepada dirinya sendiri yang mulia. Padahal yang
demikian ini sangat dicela dalam agama dan dibenci Allah, karena seseorang
telah di jangkiti penyakit ujub maka ada sikap meremehkan dalam berbuat amal,
maka tepatlah kiranya jika ujub ini adalah pangkal kemaksiatan, kelalaian dan
kesenangan nafsu untuk merasa puas kepada dirinya, sedangkan orang yang merasa
puas dengan dirinya sendiri karena menganggap sempurna, maka dia akan buta
dengan kelemahan-kelemahan yang dia miliki.
Ibnu
Mas’ud berkata bahwa faktor penyebab keselamatan manusia itu ada dua perkara,
yaitu bertaqwa dan menanamkan niat yang sungguh-sungguh. Seangkan faktor
penyebab kecelakaan atau kebinasaan juga dua perkara, yaitu putus asa dan
membanggakan diri.
Bahaya
ujub sebagaimana riya’ merupakan syirik kecil, demikian pula ujub merupakan
syirik kecil juga. Riya’ merupakan syirik dari sisi orang yang beramal saleh menyertakan
orang lain bersama Allah dalam mencari ganjaran berupa pujian dan sanjungan,
sedangkan ujub merupakan kesyirikan dari sisi orang yang beramal saleh
menyertakan dirinya bersama Allah dalam keberhasilanya beramal saleh, seakan-akan
bukan allah semata yang menjadikanya berhasil beramal saleh akan tetapi ia juga
turut andil dalam keberhasilanya beramal saleh.
كَرَّرَهُ
زِيَادَةً فِي التَّنْفِيْرِ وَمُبَالَغَةً فِي التَّحْذِيْرِ، وَذَلِكَ لِأَنَّ
الْعَاصِي يَعْتَرِفُ بِنَقْصِهِ فَيُرْجَى لَهُ التَّوْبَةُ وَالْمُعْجَبُ
مَغْرُوْرٌ بِعَمَلِهِ فَتَوْبَتُهُ بَعِيْدَة
Artinya : "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam
mengulangi-ngulanginya (*ujub !, ujub !) sebagai tambahan (penekanan) untuk
menjauhkan (*umatnya) dan sikap berlebih-lebihan dalam mengingatkan (*umatnya).
Hal ini dikarenakan pelaku maksiat mengakui kekurangannya maka masih diharapkan
ia akan bertaubat, adapun orang yang ujub maka ia terpedaya dengan amalannya,
maka jauh/sulit baginya untuk bertaubat" (At-Taisiir bisyarh Al-Jaami'
as-Shoghiir 2/606)
Tanda-tanda
terjangkit penyakit ujub :
Menurut Almunaawi Assyafi’i
menyebutkan bahwasanya diantara tanda-tanda orang ujub adalah :
1. Dia
merasa heran jika doanya tidak dikabulkan oleh Allah. Dia merasa bahwa
ketaqwaanya dan amalanya mengharuskan doanya dikabulkan oleh Allah hal ini menunjukkan ujubnya dengan
amalan saleh karenanya tatkala doanya tidak dikabulkan merasa heran.
2. Jika
orang yang mengganggunya ditimpa musibah, maka dia merasa bahwa itu merupakan
karomahnya.
Untuk mengobati penyakit ujub, diantaranya sebagai berikut :
1. Menyadari
bahwasanya mampunya kita beramal sholeh adalah semata-mata kemudahan dan
karunia dari Allah, firman allah :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ
آمَنُوا لا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ وَمَنْ يَتَّبِعْ خُطُوَاتِ
الشَّيْطَانِ فَإِنَّهُ يَأْمُرُ بِالْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَلَوْلا فَضْلُ
اللَّهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُ مَا زَكَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ أَبَدًا وَلَكِنَّ
اللَّهَ يُزَكِّي مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah
kamu mengikuti langkah- langkah syaitan. Barangsiapa yang mengikuti
langkah-langkah syaitan, Maka Sesungguhnya syaitan itu menyuruh mengerjakan
perbuatan yang keji dan yang mungkar. Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah
dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih
(dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah
membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.”
[An-Nuur : 21]
2.
Banyak
ibadah yang agung yang disyari'atkan untuk diakhiri dengan istighfar. Hal ini
agar para pelaku ibadah-ibadah tersebut tidak merasa ujub dengan ibadah-ibadah
yang telah mereka lakukan, akan tetapi tetap merasa dan sadar bahwa ibadah yang
mereka lakukan tetap ada kekurangannya.
4.
Iri dan Dengki
Allah
melarang kita iri pada yang lain karena rezeki yang mereka dapat itu sesuai
dengan usaha mereka dan juga sudah jadi ketentuan Allah.
Ÿوَلا تَتَمَنَّوْا مَا
فَضَّلَ اللَّهُ بِهِ بَعْضَكُمْ عَلَى بَعْضٍ لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا
اكْتَسَبُوا وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبْنَ وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ
فَضْلِهِ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا
“Dan
janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian
kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada
bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada
bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari
karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” [An Nisaa’
32]
Iri
hanya boleh dalam 2 hal. Yaitu dalam hal bersedekah dan ilmu. “Tidak ada iri
hati kecuali terhadap dua perkara, yakni seorang yang diberi Allah harta lalu
dia belanjakan pada jalan yang benar, dan seorang diberi Allah ilmu dan
kebijaksaan lalu dia melaksanakan dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)
Jika
kita mengagumi milik orang lain, agar terhindar dari iri hendaknya mendoakan
agar yang bersangkutan dilimpahi berkah. “Apabila seorang melihat dirinya,
harta miliknya atau saudaranya sesuatu yang menarik hatinya (dikaguminya) maka
hendaklah dia mendoakannya dengan limpahan barokah. Sesungguhnya pengaruh iri
adalah benar.” (HR. Abu Ya’la)
Dengki
lebih parah dari iri. Orang yang dengki ini merasa susah jika melihat orang
lain senang. Dan merasa senang jika orang lain susah. Tak jarang dia berusaha
mencelakakan orang yang dia dengki baik dengan lisan, tulisan, atau pun
perbuatan. Oleh karena itu Allah menyuruh kita berlindung dari kejahatan orang
yang dengki:
وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا
حَسَدَ
“Dan
dari kejahatan pendengki bila ia dengki.” [Al Falaq 5]
Kedengkian
bisa menghancurkan pahala-pahala kita. “Waspadalah terhadap hasud (iri dan
dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan
kayu.” (HR. Abu Dawud).
5.
Riya’
Riya’
adalah berbuat kebaikan/ibadah dengan maksud pamer kepada manusia, agar orang
mengira dan memujinya sebagai orang yang baik atau gemar beribadah seperti
shalat, puasa, sedekah, dan sebagainya.
Ciri-ciri
riya:
“Orang
yang riya berciri tiga, yakni apabila di hadapan orang dia giat tapi bila
sendirian dia malas, dan selalu ingin mendapat pujian dalam segala urusan.
Sedangkan orang munafik ada tiga tanda yakni apabila berbicara bohong, bila
berjanji tidak ditepati, dan bila diamanati dia berkhianat.” (HR. Ibnu
Babawih).
Orang
yang riya’, maka amal perbuatannya sia-sia belaka.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ
آمَنُوا لا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالأذَى كَالَّذِي يُنْفِقُ
مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَمَثَلُهُ
كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا لا
يَقْدِرُونَ عَلَى شَيْءٍ مِمَّا كَسَبُوا وَاللَّهُ لا يَهْدِي الْقَوْمَ
الْكَافِرِينَ
“Hai
orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu
dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang
yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia.” [QS. Al-Baqarah:
264]
"Maka
kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari
shalatnya, yang berbuat karena riya.” [Al Maa’uun 4-6]
Imam
Al Ghazali mengumpamakan orang yang riya’ itu sebagai orang yang malas ketika
dia hanya berdua saja dengan rajanya. Namun ketika ada budak sang raja hadir,
baru dia bekerja dan berbuat baik untuk mendapat pujian dari budak-budak
tersebut.
Seperti
itulah orang riya’. Ketika hanya berdua dengan Allah Sang Raja Segala Raja, dia
malas dan enggan beribadah. Tapi ketika ada manusia yang tak lebih dari
hamba/budak Allah, maka dia jadi rajin shalat, bersedekah, dan sebagainya untuk
mendapat pujian para budak. Agar
terhindar dari riya’, kita harus meniatkan segala amal kita untuk Allah ta’ala
(Lillahi ta’ala).
6. Bakhil atau Kikir
Bakhil
alias Kikir alias Pelit alias Medit adalah satu penyakit hati karena terlalu
cinta pada harta sehingga tidak mau bersedekah.
Ÿ
“Sekali-kali
janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka
dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya
kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan
dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala
warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu
kerjakan.” [Ali ‘Imran 180]
Padahal
segala harta kita termasuk diri kita adalah milik Allah. Saat kita lahir kita
tidak punya apa-apa. Telanjang tanpa busana. Saat mati pun kita tidak membawa
apa-apa kecuali beberapa helai kain yang segera membusuk bersama kita.
Sesungguhnya
harta yang kita simpan itu bukan harta kita yang sejati. Saat kita mati tidak
akan ada gunanya bagi kita. Begitu pula dengan harta yang kita pakai untuk
hidup bermegah-megahan seperti beli mobil dan rumah mewah.
“Dan
adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup serta mendustakan
pahala terbaik, maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar. Dan
hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa.” [Al Lail 8-11]
Yang
justru jadi harta yang bermanfaat bagi kita di akhirat nanti adalah harta yang
kita belanjakan di jalan Allah atau disedekahkan. Harta tersebut akan jadi
pahala yang balasannya adalah istana surga yang luasnya seluas langit dan bumi.
“Berlomba-lombalah
kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan syurga yang luasnya seluas
langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan
Rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang
dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.” [Al Hadiid 21]
Jadi, Penyakit hati merupakan penyakit di dalam jiwa yang lebih parah dari penyakit fisik. Karena bilamana hati seseorang sakit, atau bahkan buruk, maka perilakunya pun demikian. Contoh-contoh penyakit hati seperti :
1.
Sombong
: memamerkan apa yang dia punya padahal sesungguhnya semua yang ada di dunia
ini hanya milik Allah.
2.
Dusta
: kebohonganlah yang akan membawa seseorang pada kejahatan.
3.
‘Ujub
: mula-mula ujub itu hanya berada di dalam hati, yakni mengganggap dirinya
paling mulia, kemudian berkembang menjadi sebuah perkataan yang menggungkapkan
tentang pandangan manusia kepada dirinya sendiri yang mulia. Padahal yang
demikian ini sangat dicela dalam agama dan dibenci Allah, karena seseorang
telah di jangkiti penyakit ujub maka ada sikap meremehkan dalam berbuat amal.
4.
Iri
dan dengki : iri hanya boleh dalam 2 hal. Yaitu dalam hal bersedekah dan ilmu.
5.
Riya’
: berbuat kebaikan/ibadah dengan maksud pamer kepada manusia, agar orang
mengira dan memujinya sebagai orang yang baik atau gemar beribadah seperti
shalat, puasa, sedekah, dan sebagainya.
6.
Bakhil
dan kikir : satu penyakit hati karena terlalu cinta pada harta sehingga tidak
mau bersedekah.
Sumber : http://anisfatayati.blogspot.com
No comments:
Post a Comment